Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran Sanggul Daerah untuk Siswa Kelas XII Program Studi Tata Kecantikan Tingkat SMK.

Fahira, Putri Alissa (2022) Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran Sanggul Daerah untuk Siswa Kelas XII Program Studi Tata Kecantikan Tingkat SMK. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_PUTRI_ALISSA_FAHIRA_18004132_7699_2022.pdf.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran yakni karena adanya kesulitan siswa dalam memahami materi dan mempraktikkan proses pembuatan sanggul daerah yang disebabkan terbatasnya waktu guru dalam mendemonstrasikan proses pembuatan sanggul daerah. Selain itu belum tersedianya media pembelajaran yang bisa digunakan untuk menampilkan proses pembuatan sanggul daerah. Pengembangan media video pembelajaran ini dapat menjadi media pembelajaran yang membantu siswa dalam memahami proses pembelajaran teori maupun praktik sanggul daerah, serta dapat menambah motivasi, minat dan semangat belajar baru bagi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D). Pada penelitian pengembangan ini peneliti menggunakan model ADDIE untuk menghasilkan media pembelajaran tersebut. Penelitian ini dilakukan dalam mata pelajaran keterampilan Sanggul Daerah dengan materi 3 kompetensi dasar. Produk hasil pengembangan dinilai oleh 1 orang ahli materi yakni guru Mata Pelajaran Sanggul Daerah kelas XII di SMK Negeri 7 Padang dan 2 orang ahli media yakni dosen departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Hasil uji validitas produk oleh 3 validator yaitu 1 orang validator ahli materi dan 2 orang validator ahli media. Hasil uji validitas produk untuk aspek materi berada pada kategori “sangat valid” dengan nilai yang diperoleh validator sebesar 4,75 dengan persentase 95%, untuk aspek media berada di kategori “sangat valid” dengan nilai yang diperoleh validator I sebesar 4,82 dengan persentase 96,4% dan validator II sebesar 4,88 dengan persentase 97,6%. Selanjutnya, uji coba kepraktisan produk dilakukan kepada 18 orang siswa kelas XII di SMK Negeri 7 Padang, untuk hasil uji kepraktisan produk berdasarkan uji coba yang telah dilakukan berada pada kategori “sangat praktis” dengan nilai yang diperoleh sebesar 4,8 dengan persentase 96%. Dapat disimpulkan bahwa media video pada pembelajaran Sanggul Daerah valid dan praktis digunakan dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyafril, SyafrilUNSPECIFIED
CorrectorYusri, Meldi Ade KurniaUNSPECIFIED
CorrectorAmilia, WinandaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:42
Last Modified: 17 Jul 2023 07:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45017

Actions (login required)

View Item View Item