Pengaruh Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SDN Gugus I Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan

Wulandari, Pratiwi (2022) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SDN Gugus I Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_PRATIWI_WULANDARI_G_18129296_6306_2022.pdf.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi karena hasil belajar peserta didik masih rendah pada kelas IV SDN. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga peserta didik tidak aktif dalam pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru belum menggunakan model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dan masih menerapkan metode konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas IV SD Negeri Gugus I Kecamatan IV Jurai pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV tema 8 subtema 3 pembelajaran 3 dan 4. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen dan desain penelitian quasy eksperimen bentuk none quivalent control group design. Pengambilan data sampel dilakukan dengan teknik Non Probability Sampling dengan jenis Purposive sampling, populasi terdiri dari beberapa Sekolah Dasar dalam satu Gugus I Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan, dan terpilih sebagai sampel adalah kelas IVA dan IV B SD Negeri 26 Painan Selatan. Kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dengan jenis pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 80,12 dengan standar deviasi yaitu 9,64 dan nilai rata-rata kelas control sebesar 67,37 dengan standar deviasi yaitu 13,01. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh thitung sebesar 3,18 sedangkan ttabel pada taraf kepercayaan α 0,05 adalah 2,042.sehingga thitung > ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV SDN Gugus I kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAstimar, NellyUNSPECIFIED
CorrectorZuryanty, ZuryantyUNSPECIFIED
CorrectorMuhammdi, MuhammdiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:56
Last Modified: 17 Jul 2023 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45013

Actions (login required)

View Item View Item