Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Ispring Suite pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD Negeri 220/VI Tanjung Benuang I Jambi

Nurjanah, Nurjanah (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Ispring Suite pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD Negeri 220/VI Tanjung Benuang I Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_NURJANAH_17129065_5181_2022.pdf.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya pengembangan media berbasis teknologi dimana guru hanya berpedoman pada buku tema sebagai sumber sekaligus media pembelajaran. Maka karena itu permasalahan yang akan dikaji pada penelitian ini adalah, “Bagaimanakah kevalidan dan kepraktisan pengembangan media pembelajaran berbasis Ispring Suite pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar?”. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Ispring Suite pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Dengan lima tahapan, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 220/VI Tanjung Benuang I Jambi. Media yang telah dirancang divalidasi terlebih dahulu oleh validator kemudian diujicobakan ke SD Negeri 220/VI Tanjung Benuang I Jambi untuk mengetahui praktikalitas dari media yang dikembangkan. Hasil penelitian yang dikembangkan, diperoleh hasil tingkat validitas media pembelajaran berbasis Ispring Suite pada pembelajaran tematik terpadu dengan jumlah keseluruhan nilai validasi 81% dalam kategori sangat valid. Selanjutnya hasil uji coba praktikalitas media pembelajaran berbasis Ispring Suite pada pembelajaran tematik terpadu dinyatakan sangat praktis. Hal ini dapat dilihat dari respon guru dan respon peserta didik. Dimana angket respon guru memperoleh nilai 89% dalam kategori sangat praktis dan 19 angket respon peserta didik memproleh nilai 92% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, maka pengembangan media pembelajaran berbasis Ispring Suite pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitria, YeniUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
CorrectorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:46
Last Modified: 17 Jul 2023 06:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45008

Actions (login required)

View Item View Item