Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Materi Volume Bangun Ruang di Kelas VC SDN 21 Payakumbuh.

Aflah, Nur (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Materi Volume Bangun Ruang di Kelas VC SDN 21 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_NUR_AFLAH_18129026_5164_2022.pdf.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian pada pembelajaran volume bangun ruang di kelas V ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik rendah dan pembelajaran kurang terlaksana dengan baik, pada pelaksanaannya guru belum menerapkan pendekatan pembelajaran yang inovatif, media pembelajaran konkret dan kurang memberikan permasalahan kepada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikanpeningkatan hasil belajar materi volume bangun ruang dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian didahului dengan perancanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester II Tahun Ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan peserta didik kelas VC sebanyak 21 orang yang terdiri dari 12orang peserta didik laki-laki dan 9 orang peserta didik perempuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : 1) Perencanaan pembelajaran, yaitu siklus I dengan rata-rata 84,71% (baik) dan siklus II dengan 97,22% (sangat baik). 2) Pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari aktivitas guru dimana siklus I dengan rata-rata 91,06% (baik) dan siklus II dengan 96,42% (sangat baik) serta aktivitas peserta didik dimana siklus I dengan rata-rata 91,06% (baik) dan siklus II dengan 96,42% (sangat baik). 3) Hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh dengan rata-rata 73,13 dan siklus II dengan 87,91.Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dapat meningkat hasil belajar volume bangun ruang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorHendri, SherlyaneUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:44
Last Modified: 17 Jul 2023 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45006

Actions (login required)

View Item View Item