Kematangan Emosi Siswa SMK Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin

Nofitri, Nindi (2022) Kematangan Emosi Siswa SMK Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_NINDI_NOFITRI_18006160_6019_2022.pdf.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Kematangan emosi penting untuk diketahui bagi setiap individu terutama pada remaja terkhusus kepada siswa SMK dimana siswa SMK merupakan kelompok usia remaja yang digambarkan dalam keadaan yang tidak menentu, tidak stabil, dan emosi yang meledak-ledak. Meningginya emosi terjadi karena adanya tekanan tuntutan sosial terhadap peran-peran baru selayaknya orang dewasa. Kondisi ini dapat memicu masalah, seperti kesulitan belajar, penyalahgunaan obat, dan perilaku menyimpang.Salah satu faktor yang mempengaruhi kematangan emosi adalah jenis kelamin, dimana diketahui bahwa laki-laki dan perempuan berbeda secara badaniah dan psikologisnya, sehingga hal ini akan berdampak kepada pengungkapan emosi baik pada laki-laki maupun perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran kematangan emosi siswa laki-laki, kematangan emosi siswa perempuan dan menguji perbedaan kematangan emosi pada siswa laki-laki dan perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan komparatif yang menggambarkan perbedaan kematangan emosi siswa laki-laki dan perempuan. Populasi penelitian ini berjumlah 471 orang, dengan total sampel 229 orang, penarikan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala kematangan emosi yang diolah dengan menggunakan teknik persentase. Untuk menggambarkan perbedaan kematangan emosi siswa laki--laki dan perempuan digunakan teknik t-test. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kematangan emosi siswa laki-laki dan perempuan berada pada kategori tinggi, (2) terdapat perbedaan kematangan emosi siswa laki-laki dan perempuan dengan taraf signifikan 0.011, besaran t-hitung sebesar 2,580 dengan derajat kebebasan (db) sebesar 227 dan nilai t-tabel dengan taraf signifikan 0,05 adalah 1,960, dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kematangan emosi siswa laki-laki dan siswa perempuan yang berarti Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSano, AfrizalUNSPECIFIED
CorrectorNurfarhanah, NurfarhanahUNSPECIFIED
CorrectorHariko, RezkiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:43
Last Modified: 17 Jul 2023 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45001

Actions (login required)

View Item View Item