Hubungan Penyesuaian Perkawinan dengan Keharmonisan Keluarga Pada Istri yang Baru Menikah di Kecamatan IV Koto Aur Malintang.

Fadila, Nelatu (2022) Hubungan Penyesuaian Perkawinan dengan Keharmonisan Keluarga Pada Istri yang Baru Menikah di Kecamatan IV Koto Aur Malintang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_NELATU_FADILA_18006159_6486_2022.pdf.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya pasangan suami istri yang mengalami ketidakharmonisan dalam keluarga yang berujung terjadinya perceraian. Ketidakharmonisan ini akibat dari rendahnya penyesuaian perkawinan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) tingkat penyesuaian perkawinan pada istri, (2) tingkat keharmonisan keluarga, dan (3) Menguji dan menganalisis hubungan antara penyesuaian perkawinan dengan keharmonisan keluarga pada istri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan korelasional. Sampel diambil sebanyak 50% dari populasi yaitu 68 orang istri yang baru menikah. Instrumen yang digunakan adalah “instrumen penyesuaian perkawinan dan instrumen keharmonisan keluarga”. Data dianalisis menggunakan analisis korelasional dan teknik persentase. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa : (1) Tingkat penyesuaian perkawinan pada istri yang baru menikah berada pada kategori tinggi dengan rata-rata skor capaian 164,2 (82,1%) dan kebanyakan istri yang baru menikah memiliki tingkat penyesuaian perkawinan yang tinggi, (2) tingkat keharmonisan keluarga istri tergolong sangat tinggi dengan rata-rata skor capaian 170,6 (85,3%) dan kebanyakan istri memiliki tingkat keharmonisan yang sangat tinggi, dan (3) terdapat hubungan positif signifikan antara penyesuaian perkawinan dengan keharmonisan keluarga dengan koefisien korelasi 0,776 dan taraf signifikansi 0,000. Dengan demikian dapat diartikan bahwa semakin tinggi tingkat penyesuaian perkawinan istri maka maka semakin tinggi pula tingkat keharmonisan keluarga dan sebaliknya. Implikasi bagi bimbingan dan konseling dapat dilakukan oleh konselor luar sekolah dengan pemberian layanan informasi dan konseling perorangan terhadap pasangan yang akan menikah ataupun pasangan yang telah menikah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTaufik, TaufikUNSPECIFIED
CorrectorSano, AfrizalUNSPECIFIED
CorrectorYuca, VerlandaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:43
Last Modified: 17 Jul 2023 06:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45000

Actions (login required)

View Item View Item