Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Pondok Tinggi

Ulfiana, Nadya (2022) Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Pondok Tinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_NADYA_ULFIANA_18129292_3484_2022.pdf.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh pembelajaran yang masih belum melibatkan peserta didik secara aktif dalam menyelesaikan suatu masalah, serta pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar tematik terpadu di kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Pondok Tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain quasy eksperimental dengan bentuk yang digunakan nonequivalent control group design.Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Pondok Tinggi tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Cluster Random Sampling dimana sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 006 Aur Duri (kelas eksperimen) dengan model Problem Based Learning dan kelas IV SDN 019 Sungai Jernih (kelas kontrol) dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data berupa tes. Teknik analisis data awal menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.Analisis data akhir menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, Uji hipotesis, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar tematik terpadu kelas IV SDN Gugus I kecamatan Pondok Tinggi. Hal ini dibuktikan dengan hasil t-test pada taraf α = 0,05 dan dk 17 diperoleh t hitung > t tabel yaitu 2,22 > 2,11. Hal ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorAmini, RisdaUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:42
Last Modified: 17 Jul 2023 06:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44997

Actions (login required)

View Item View Item