Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Weblog pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X SMK.

Fikri, Miftahul (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Weblog pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X SMK. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_MIFTAHUL_FIKRI_18004196_4400_2022.pdf.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar dari peserta didik. Hal itu dikarenakan peserta didik kurang berminat dalam mengikuti proses pembelajaran. Bedasarkan hasil dari wawancara siswa kelas X SMK menyatakan menggunakan media Powerpoint yang digunakan guru dalam pembelajaran cukup baik tetapi siswa merasa kurang bisa mengikuti pembelajaran karena harus mencatat materi sambil mendengarkan penjelasan guru. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu diadakan pengembangan media pembelajaran yang valid dan praktis sehingga membuat siswa mudah untuk memahami materi yang diajarkan oleh guru. Dari permasalahan tersebut, peneliti dapat menyimpulkan bahwa perlu mengembangkan media pembelajaran berbasis weblog yang menarik agar siswa dapat belajar dengan baik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dilakukan dalam 4 tahapan berdasarkan model 4-D sesuai yang dikemukakan oleh Trianto (2012:93), “Model pengembangan 4-D terdiri dari 4 tahap yaitu Define (Pendefenisian), Design (Perencanaan), Develop (Pengembangan), dan Dissminate (Penyebaran). Tahap pertama dengan melakukan analisis kebutuhan dan analisis konten, kemudian dilakukan perancangan dengan membuat storyboard, dan pembuatan media pembelajaran berbasis weblog selanjutnya dilakukan tahap pengembangan dengan melakukan uji validitas oleh ahli, dan praktikalitas oleh siswa. Setelah itu dilakukan penyebaran media pembelajaran berbasis weblog. Instrumen yang digunakan berupa wawancara, dokumentasi dan lembar penilaian (angket). Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa penilaian dari validator media dinyatakan “Sangat Layak” dengan rata-rata sebesar 4,95 dan persentase sebesar 99,1%. Penilaian dari validator materi dinyatakan “Sangat Sesuai” dengan rata-rata skor sebesar 4,16 dan persentase sebesar 83%. Sedangkan penilaian praktikalitas dari siswa dinyatakan “Sangat Praktis” dengan rata-rata skor sebesar 66,5 dari maksimal rata-rata skor sebesar 75 dan persentase sebesar 88,73%. Berdasarkan perhitungan tersebut, maka kesimpulan dari Media pembelajaran berbasis weblog pada Mata Pelajaran Informatika yang dikembangkan “Sangat Praktis” digunakan dalam proses pembelajaran. Saran untuk bagi pengembang diharapkan dapat mengembangkan media pembelajaran berbasis weblog yang lebih bervariatif sehingga dapat digunakan dan membantu dalam pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZen, ZelhendriUNSPECIFIED
CorrectorYeni, FetriUNSPECIFIED
CorrectorHendri, NofriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:40
Last Modified: 17 Jul 2023 06:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44995

Actions (login required)

View Item View Item