Sartika, Mexxy Novia
(2022)
Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Video Animasi pada Siswa Disleksia.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan seorang siswa disleksia yang belum mampu membaca permulaan padahal sudah berada di kelas IV Sekolah Dasar. Oleh karena itu siswa perlu diberikan media untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Media video animasi adalah jenis media pembelajaran 3D yang berupa animasi-animasi dan juga mengeluarkan audio, sehingga dapat meningkatkan minat dan daya tarik siswa dalam belajar dan membuat pembelajaran tidak membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas IV SD Negeri 22 Koto Lalang Kota Padang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dalam bentuk single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. pada kondisi baseline (A1) dilaksanakan pengamatan sebanyak 4 kali pertemuan, kondisi intervensi (B) sebanyak 9 kali pertemuan, dan kondisi baseline (A2) sebanyak 3 kali pertemuan. Pengamatan data dilakukan dilakukan dengan teknik tes perbuatan dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa instrument tes perbuatan dalam bentuk daftar ceklist. Kemudian data analisis dengan teknik visual grafik.
Dari pengamatan yang dilakukan, pada kondisi baseline (A1) diperoleh hasil 12%, 20%,2 0%, 20%. Pada kondisi intervensi (B) diperoleh hasil 36%, 48%, 56%, 60%, 64%, 60%, 76%, 76%. Sedangkan pada kondisi baseline (A2) diperoleh hasil 88%, 88%, 88%. Berdasarkan analisis data, Hasil penelitian menunjukkan kemampuan membaca permulaan pada siswa disleksia meningkat setelah menggunakan video animasi.
Actions (login required)
|
View Item |