Usman, Melinda
(2022)
Hubungan Konformitas Teman Sebaya dengan Sikap Siswa tentang Penyalahgunaan Narkoba.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa mempunyai sikap negatif tentang penyalahgunaan narkoba yang merasa narkoba mampu menciptakan perasaan bahagia dan yakin narkoba mampu menghilangkan stress dan melupakan masalah. Salah satu faktor yang mempengaruhi sikap bagi remaja yaitu kesesuaian sikap sendiri dengan sikap kelompok sebaya. Oleh sebab itu, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah, “bagaimana gambaran konformitas teman sebaya siswa, bagaimana gambaran sikap tentang penyalahgunaan narkoba siswa, apakah terdapat hubungan konformitas teman sebaya dengan sikap siswa tentang penyalahgunaan narkoba”.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian metode deskriptif dengan menggunakan analisis korelasi sebagai teknik analisis data, dengan tujuan untuk untuk melihat hubungan konformitas teman sebaya dengan sikap siswa tentang penyalahgunaan narkoba. Teknik penelitian yang digunakan adalah proporsional random sampling. Penelitian ini dilakukan di SMKS Teknologi Plus Padang pada siswa kelas X dan XI dengan populasi 157 siswa dan diperoleh jumlah sampel 112 siswa.. Untuk pengujian hipotesis, penelitian ini menggunakan statistik korelasi pearson, dengan taraf signifikan 5% (=0,05).
Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, secara umum konformitas teman sebaya siswa dikategorikan sedang dan sikap tentang penyalahgunaan narkoba siswa dikategorikan baik. Kedua diketahui terdapat hubungan yang signifikan antara konformitas teman sebaya dengan sikap siswa tentang penyalahgunaan narkoba. Berdasarkan hasil penelitian, guru BK/Konselor dapat memberikan layanan konseling individual dan konseling kelompok agar dapat meningkatnya pemahaman siswa dalam memilih lingkungan teman sebaya serta layanan bimbingan dan konseling berupa layanan informasi dan bimbingan kelompok untuk menambah wawasan siswa tentang penyalahgunaan narkoba.
Actions (login required)
|
View Item |