Hubungan antara Persepsi Orang Tua pada Program Parenting dengan Partisipasi di TK Asyiyah Koto Taratak Pesisir Selatan.

Aldi, Mega Meisisrika (2022) Hubungan antara Persepsi Orang Tua pada Program Parenting dengan Partisipasi di TK Asyiyah Koto Taratak Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_MEGA_MEISISRIKA_ALDI_17005166_3890_2022.pdf.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya partisipasi orang tua pada program parenting di TK Aisyiyah Koto Taratak Pesisir Selatan. Hal ini disebabkan oleh rendahnya persepsi orang tua pada program parenting. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan persepsi orang tua pada program parenting di TK Aisyiyah Koto Taratak Pesisir Selatan. 2) Mendeskripsikan partisipasi orang tua pada program parenting di TK Aisyiyah Koto Taratak Pesisir Selatan. 3) Melihat hubungan antara persepsi orang tua pada program parenting dengan partisipasi di TK Aisyiyah Koto Taratak Pesisir Selatan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 35 orang yang merupakan orang tua di TK Aisyiyah Koto Taratak dan 24 orang tua yang dijadikan sampel penelitian dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dengan format daftar pernyataan sebagai alat pengumpulan data, teknik analisis data menggunakan rumus statistic persentase dan untuk mencari korelasi menggunakan Rumus Spearman Rho. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Persepsi orang tua pada program parenting di TK Aisyiyah Koto Taratak Pesisir Selatan dikategorikan rendah, hal ini dilihat dari jawaban yang diberikan responden terhadap indikatornya yaitu tujuan program, manfaat program, sarana prasarana program, materi program, metode program dan media program. 2) Partisipasi orang tua di TK Aisyiyah Koto Taratak Pesisir Selatan dikategorikan rendah, hal ini bisa dilihat dari jawaban yang diberikan responden terhadap indikatornya yaitu kehadiran, dana atau sumbangan, memberikan ide-ide. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi orang tua pada program parenting dengan partisipasi orang tua di TK Aisyiyah Koto Taratak Pesisir Selatan. Saran penelitian yaitu : 1) Diharapkan orang tua dapat berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan yang akan atau dilaksanakan di TK Aisyiyah Koto Taratak Pesisir Selatan. 2) Diharapkan pendidik dapat selalu mengajak orang tua dalam melakuka kegiatan program parenting yang dapat mewujudkan keberhasilan dalam belajar bagi anak didik di TK Aisyiyah Koto Taratak Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSetiawati, SetiawatiUNSPECIFIED
CorrectorSunarti, VeviUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Lili DasaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:38
Last Modified: 17 Jul 2023 06:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44985

Actions (login required)

View Item View Item