Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Materi Debit di Kelas V SD.

Putri, Maisi (2022) Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Materi Debit di Kelas V SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_MAISI_PUTRI_18129155_3454_2022.pdf.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang disebabkan kurangnya keaktifan peserta didik dalam melakukan aktivitas yang bermakna saat belajar. Hal ini terjadi karena proses pembelajaran masih berpusat kepada guru (teacher-centered). Guru cendrung menggunakan model pembelajaran konvensional yang menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi monoton dan tidak memberikan motivasi belajar pada peserta didik. Serta guru Guru jarang menghubungkan konsep pembelajaran dengan masalah nyata yang dialami peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, dalam pembelajaran guru juga jarang menerapkan metode diskusi kelompok membuat peserta didik masih kurang menggunakan kemampuannya berpikir mandiri dan lebih menunggu materi dari gurunya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar materi debit di kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SDN 19 Pasar Lama. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment), dengan menggunakan Non-equevalent Posttest only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Terpilih dua kelas sampel yang masing-masing akan dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pembelajaran yang dibandingkan adalah pembelajaran model Discovery Learning dengan pembelajaran menggunakan pendekatan scientific. Teknik pengumpulan data adalah dengan instrumen tes. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar pada materi pembelajaran debit. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Didapatkan hasil t hitung = 4,656 dan t tabel = 1,68385. Sehingga t hitung > t tabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model Discovery Learning menghasilkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan pembelajaran yang hanya menggunakan media yang ada di buku peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorAkmal, Atika UlyaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:37
Last Modified: 17 Jul 2023 06:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44982

Actions (login required)

View Item View Item