Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Perilaku Membolos Siswa. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Padang.

Sobry, M. Gustian (2022) Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Perilaku Membolos Siswa. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_M_GUSTIAN_SOBRY_16006075_7505_2022.pdf.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Perilaku membolos adalah tindakan meninggalkan sekolah saat jam pelajaran tanpa ada izin kepada pihak sekolah. dan bisa dikatakan tidak hadir tanpa sepengetahuan orang tua. Masih adanya siswa yang membolos baik meninggalkan sekolah sepanjang hari maupun keluar kelas pada jam pelajaran tertentu. Perilaku siswa ini akan menggangu proses belajar dan mengajar baik bagi siswa tersebut atau bagi siswa lainya. Salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya perilaku membolos ini adalah kurangnya perhatian orang tua pada siswa, adanya siswa yang membolos mencari lingkungan yang mengerti tentang dirinya, beberapa siswa juga mengigingkan kebebasan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perhatian orang tua pada siswa (2) mendeskripsikan perilaku membolos siswa (3) menguji apakah terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan perilaku membolos siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif - korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 613 siswa SMAN 8 Kota Padang dan sampel nya diambil sebanyak 242 siswa dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner perhatian orang tua dan perilaku membolos. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan Pearson Product Moment untuk mengetahui hubungan perhatian orang tua dan perilaku membolos siswa melalui penggunaan program statistik SPSS for windows release 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sebanyak 51,65% siswa menjawab tingkat perhatian orang tua yang tinggi (2) sebanyak 70,66% siswa menunjukan tingkat membolos tergolong sedang (3) terdapat hubungan yang negatif signifikan antara perhatian orang tua dengan perilaku membolos siswa dengan indeks korelasi sebesar -0,182 dengan taraf signifikansi 0,004. Artinya semakin tinggi perhatian orang tua siswa maka akan semakin rendah perilaku membolos siswa, begitu pula sebaliknya apabila rendah perhatian orang tua maka akan semakin tinggi perilaku membolos siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSano, AfrizalUNSPECIFIED
CorrectorFirman, FirmanUNSPECIFIED
CorrectorZikra, ZikraUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:35
Last Modified: 17 Jul 2023 06:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44977

Actions (login required)

View Item View Item