Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Model Problem Based Learning (BL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas VA SDN 58 Lubuk Buaya Kota Padang.

Maharani, Lysa Putri (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Model Problem Based Learning (BL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas VA SDN 58 Lubuk Buaya Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_LYSA_PUTRI_MAHARANI_18129275_3575_2022.pdf.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyelesaikan masalah dan kurang memberikan kesempatan berfikir menyelesaikan masalah yang mengakibatkan siswa kurang memahami apa yang sedang mereka pelajari dan untuk apa mereka belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas VA Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 24 orang peserta didik kelas VA SDN 58 Lubuk Buaya Kota Padang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan penilaian RPP. Hasil penelitian pengamatan RPP Siklus 1 memperoleh rata-rata 83,2% dengan kategori baik (B) meningkat pada Siklus II menjadi 97,2% dengan kategori amat baik (AB). Pelaksanaan pada aspek guru siklus I memperoleh rata-rata 80,3% dengan kategori baik (B) meningkat pada siklus II yaitu 96,4% dengan kategori amat baik (AB). Pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 80,3% dengan kategori baik (B) meningkat pada siklus II yaitu 96,4% dengan kategori amat baik (AB). Hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh rata-rata nilai 70,3% dengan kategori cukup (C), meningkat pada siklus II 82,9% dengan kategori baik (B). Dengan demikian model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas VA SDN 58 Lubuk Buaya Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorAkmal, Atika UlyaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:35
Last Modified: 17 Jul 2023 06:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44976

Actions (login required)

View Item View Item