Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Menggunakan Smart Apps Creator Berbasis Discovery Learning di Kelas V Sekolah Dasar.

Suriani, Lilis (2022) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Menggunakan Smart Apps Creator Berbasis Discovery Learning di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_LILIS_SURIANI_18129065_2022.pdf.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pendidikan selalu dibarengi dengan inovasi dan pengembangan dalam pembelajaran sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian ini dilatar belakangi bahan ajar yang tersedia di sekolah kurang bervariasi. Bahan ajar di sekolah didominasi dengan bahan ajar cetak. Salah satu inovasi dalam pembelajaran dengan mengembangkan bahan ajar dengan memanfaatkan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar tematik terpadu menggunakan smart apps creator Berbasis Discovery Learning di kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE. Proses penelitian menggunakan model ADDIE ini terdiri dari lima langkah yaitu: analysis, design, development, implementation, and evaluation. Bahan ajar yang dirancang kemudian divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Untuk praktikalitas produk dilakukan dengan pengisian angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba produk di SD Negeri 02 Lubuk Layang dan juga di sebarkan di SD Negeri 08 Lubuk Layang serta penelitian dilakukan pada SD Negeri 18 Lubuk Layang. Hasil dari penelitian pengembangan bahan ajar tematik terpadu menggunakan Smart Apps Creator berbasis Discovery Learning di kelas V Sekolah Dasar yang divalidasi dinyatakan sangat valid dengan rata-rata penilaian validator 91,4 %. Angket respon terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek pada penelitian ini adalah 16 orang peserta didik yang terdiri dari 6 orang peserta didik laki-laki dan 10 orang peserta didik perempuan. Berdasarkan respon guru dan respon peserta didik di sekolah uji coba di SD Negeri 02 Lubuk Layang dapat diketahui bahwa pembelajaran menggunakan bahan ajar tematik terpadu sangat praktis dengan nilai rata-rata 92,8 % dan 92,1 % dan sekolah uji coba di SD Negeri 08 Lubuk Layang respon guru dan peserta didik dengan nilai rata-rata 92,8 % dan 92,7% . Sedangkan respon guru dan respon peserta didik di sekolah penelitian terhadap bahan ajar tematik terpadu sangat praktis dengan nilai rata-rata 96,4 % dan 94,5 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tematik terpadu menggunakan Smart Apps Creator berbasis Discovery learning di kelas V Sekolah Dasar yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmini, RisdaUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:34
Last Modified: 17 Jul 2023 06:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44975

Actions (login required)

View Item View Item