Anjelina, Lidia
(2022)
Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 01 Baringin Anam Kabupaten Agam.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 01 Baringin Anam Kabupaten Agam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan sebanyak II siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Di setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V sebanyak 20 orang, yang terdiri dari 12 orang peserta didik laki-laki dan 8 orang peserta didik perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP siklus I diperoleh skor dengan persentase 82,95% (B), meningkat pada siklus II menjadi 95,45% (A). Skor persentase aktivitas guru siklus I diperoleh 78,12% (C), meningkat pada siklus II 93,75% (A). Sedangkan skor persentase aktivitas peserta didik siklus I diperoleh 78,12% (C), meningkat pada siklus II 93,75% (A). Hasil belajar peserta didik siklus I hasil penilaian pengetahuan diperoleh dengan rata-rata 70,41 (C), sedangkan hasil penilaian keterampilan diperoleh dengan rata-rata 72,77 (C) dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 82,70. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik.
Actions (login required)
|
View Item |