Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Kelas IV SDN 11 Sungai Rumbai Dharmasraya

Arifatma, Latifah (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Kelas IV SDN 11 Sungai Rumbai Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_LATIFAH_ARIFATMA_18129019_3681_2022.pdf.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dengan observasi, hasil observasi menunjukkan guru masih mendominasi pembelajaran sehingga berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini secara umum untuk peningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Talking Stick di kelas IV SDN 11 Sungai Rumbai Dharmasraya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Disetiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas IV SDN 11 Sungai Rumbai dengan jumlah 25 orang peserta didik, 10 orang laki – laki dan 15 orang perempuan. Hasil penelitian pada : a) RPP siklus I dengan rata-rata 84,71% dalam kategori Baik (B), dan siklus II meningkat menjadi 97% dalam kategori Sangat Baik (SB), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 81,94% dalam kategori Baik (B), dan siklus II meningkat menjadi 94,44% dalam kategori Sangat Baik (SB), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 81,94% dalam kategori Baik (B), dan siklus II meningkat menjadi 94,44% dalam kategori Sangat Baik (SB). Sedangkan hasil belajar peserta didik pada siklus I nilai rata-ratanya 75,34 dengan kualifikasi cukup dengan persentase ketuntasan pertemuan 1 64% dan pertemuan 2 84% meningkat menjadi 92% dengan kualifikasi sangat baik Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dikelas IV SDN 11 Sungai Rumbai Dharmasraya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFarida, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorMuhammdi, MuhammdiUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:33
Last Modified: 17 Jul 2023 06:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44971

Actions (login required)

View Item View Item