Pengembangan E-Modul Tutorial Pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK Kelas VIII SMP.

Sandi, Kurnia (2022) Pengembangan E-Modul Tutorial Pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_KURNIA_SANDI_18004186_6516_2022.pdf.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan masalah yang terdapat di SMP Negeri 1 Pasaman pada mata pelajaran bimbingan TIK di kelas VIII, ditemukan masalah bahwa materi bimbingan TIK merupakan materi yang cukup sulit untuk dipahami siswa, karena dalam proses pembelajaran guru menggabungkan antara aspek pengetahuan dengan aspek ketrampilan dan sering memberikan banyak catatan dalam proses pembelajaran yang mana materi disajikan di papan tulis yang berisi informasi yang abstrak tanpa penjelasan media yang bersifat verbal, sehingga mengakibatkan siswa belum mampu mempraktekkan materi ajar dengan baik dan kurangnya kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas-tugas karena keterbatasan bahan ajar. Media e-modul tutorial dapat dijadikan alternatif untuk memperbaiki permasalahan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan tutorial atau bersifat lebih nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-modul tutorial yang valid dan praktis sesuai dengan kriteria kelayakan materi dan kelayakan media pada mata pelajaran bimbingan TIK kelas VIII di SMP Negeri 1 Pasaman. Jenis dan metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau yang lebih dikenal dengan istilah Research and Development (R&D) model ADDIE. Adapun prosedur pengembangan pada penelitian terdiri dari Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Validitas produk dilakukan oleh 3 orang yakni 2 orang validator media dan 1 orang validator materi,sedangkan jumlah subjek penelitian adalah 24 orang siswa kelas VIII.7 di SMP Negeri 1 Pasaman. Alat pengumpulan data berupa angket dan format penilaian. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji validitas produk aspek materi berada pada “Sangat Valid” dengan rata-rata 4,70. Kemudian untuk aspek media berada pada pencapaian “Sangat Valid” dengan jumlah penilaian dari validator I yaitu mendapat rata-rata 4,86 dan validator II mendapat rata-rata 4,80. Selanjutnya hasil uji praktikalitas e-modul tutorial berdasarkan uji coba yang telah dilakukan berada pada kategori “Sangat Praktis”dengan hasil penilaian rata-rata 4,59. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan e-modul tutorial dipelajaran bimbingan TIK kelas VIII SMP menunjukkan bahwa pengembangan ini melalui lima langkah model pengembangan ADDIE. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah media e-modul tutorial pada mata pelajaran bimbingan TIK sudah sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorHendri, NofriUNSPECIFIED
CorrectorYusri, Meldi Ade KurniaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:48
Last Modified: 17 Jul 2023 03:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44969

Actions (login required)

View Item View Item