Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran REACT Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 4 Subtema 3 Kelas 6 SD Negeri 10 Sungai Sapih

Fitriani, Kintan (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran REACT Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 4 Subtema 3 Kelas 6 SD Negeri 10 Sungai Sapih. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_KINTAN_FITRIANI_18004185_8150_2022.pdf.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian didasari dari masalah yang peneliti temukan di kelas 6 SDN 10 Sungai Sapih Kuranji, dimana hasil belajar siswa masih rendah pada pembelajaran PKN pada materi keberagaman sosial budaya dan ekonomi yang disebabkan berbagai faktor. Peneliti memilih untuk mengimplementasikan model pembelajaran REACT untuk mengetahui pengaruh pembelajaran REACT pada mata pelajaran PKN. Penelitian ini merupakan quasi eksperimental dengan kelas 6B sebagai kelas experimen dan kelas 6C sebagai kelas kontrol. Prosedur penelitian ini terdiri dari tahap persiapan, tahap penelitian dan tahap penilaian. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dalam bentuk soal objektif, dan dokumentasi dengan instrumentnya yakni butir tes. Berdasarkan analisis data hasil belajar, ditemukan perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran REACT dan yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. pada pelajaran PKN materi keberagaman sosial budaya dan ekonomi. dengan perbedaan nilai akhir yakni pada kelas eksperimen nilai rata rata 82 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 50, lalu pada kelas kontrol nilai rata rata 71 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 55. Sehingga bisa dilihat bahwa terjadi perbedaan yang signifikan. hal ini juga dapat dilihat dari hasil analisis statistik dengan nilai (2-tailed) yang diperoeh < 0,05 (Sig. 0,000 < 0,05) dan juga Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol. Kesimpulannya yaitu terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran REACT dengan pembelajaran konvesional pada materi pelajaran PKN materi keberagaman sosial budaya dan ekonomi SDN 10 Sungai Sapih Kuranji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmi, UlfiaUNSPECIFIED
CorrectorZen, ZelhendriUNSPECIFIED
CorrectorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:47
Last Modified: 17 Jul 2023 03:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44964

Actions (login required)

View Item View Item