Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Powerpoint pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV Sekolah Dasar

Nikmah, Khoirun (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Powerpoint pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_KHOIRUN_NIKMAH_18129272_6244_2022.pdf.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pengembangan media pembelajaran tematik terpadu menggunakan aplikasi power point dikelas IV SD dilakukan karena untuk meningkatkan minat belajar siswa dan di sekolah sudah menyediakan fasilitas menggunakan teknologi namun belum dimanfaatkan sebaik mungkin dan guru masih menggunakan media pembelajaran yang sangat sederhana dan kurang menarik minat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas media pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian pengembangan ini adalah Research and Develpoment (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE memiliki lima tahapan yaitu : Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dari ahli materi, ahli media, ahli bahasa, angket respon peserta didik dan angket respon guru. Subjek uji coba pada penelitian ini sebanyak 20 orang peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan power point yang dikembangkan melalui tahapan validasi aspek materi, aspek media dan aspek bahasa memperoleh nilai rata-rata 93,1% menunjukkan kategori sangat valid. Berdasarkan respon guru di sekolah uji coba dapat diketahui bahwa pembelajaran menggunakan media pembelajaran tematik terpadu sangat praktis dengan nilai rata-rata 95% dan respon peserta didik pada sekolah uji coba mendapat nilai rata-rata sebesar 90,5% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan presentase respon guru dan respon peserta didik di sekolah penelitian terhadap media pembelajaran tematik terpadu sangat praktis dengan nilai rata-rata 97,5% dan 90,65%. Dengan demikian, media pembelajaran menggunakan aplikasi powerpoint di kelas IV SD yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorAmini, RisdaUNSPECIFIED
CorrectorZainil, MelvaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:47
Last Modified: 17 Jul 2023 03:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44963

Actions (login required)

View Item View Item