Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Kelas IV SDN 39 Talang Kabupaten Solok.

Isra, Khairatil (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Kelas IV SDN 39 Talang Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_KHAIRATIL_ISRA_18129121_7714_2022.pdf.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu karena proses pembelajaran yang belum terlaksana secara maksimal. Hal ini dikarenakan kurangnya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran dan guru belum menggunakan model pembelajaran yang efektif. Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan penggunaan model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Kelas IV SDN 39 Talang Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dengan prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik di kelas IV SDN 39 Talang Kabupaten Solok yang berjumlah 15 orang pada semester Januari- Juni tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. RPP pada siklus I diperoleh rata-rata 86,25% (B) meningkat menjadi 92,5% (SB) pada siklus II. Hasil pelaksanaan pembelajaran, aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata 80% (C) meningkat menjadi 90% (SB) pada siklus II. Hasil pelaksanaan pembelajaran akitivitas peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 80% (C) meningkat menjadi 90% (SB) pada siklus II. Hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh nilai rata-rata 70,41 (C) meningkat pada siklus II menjadi 76,26 (C). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV SDN 39 Talang Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorWaldi, AtriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:47
Last Modified: 17 Jul 2023 03:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44961

Actions (login required)

View Item View Item