Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Hasil Belajar Materi Keliling dan Luas Bangun Datar serta Hubungan Pangkat Dua dengan Akar Pangkat Dua di Kelas IV Sekolah Dasar.

Ifnemaia, Jesika (2022) Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Hasil Belajar Materi Keliling dan Luas Bangun Datar serta Hubungan Pangkat Dua dengan Akar Pangkat Dua di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_JESIKA_IFNEMAIA_18129064_8106_2022.pdf.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik karena belum maksimal dalam penggunaan pendekatan inovatif yang mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari di Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar materi keliling dan luas bangun datar serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua di kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dan desain penelitian quasy experiment type nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling type purpose sampling, dengan hasil dari beberapa pertimbangan didapatkan sampel peserta didik kelas IV SDN 08 Tanjung Medan sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas IV SDN 07 Koto Panai sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif. Data dianalisis secara deskriptif yang didahului dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t lalu diperkuat dengan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata kelas eksperimen 80,52 dan rata-rata kelas kontrol 72,34. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung t tabel yaitu 4,05432 2,00324. Data diperkuat dengan menggunakan uji regresi linear sederhana diperoleh F hitung = 136,439 dan F tabel = 7,11 sehingga dapat disimpulkan bahwa F hitung F tabel yaitu 136,439 7,11. Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan dari pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar materi keliling dan luas bangun datar serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua di kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorAriani, YettiUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:47
Last Modified: 17 Jul 2023 03:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44959

Actions (login required)

View Item View Item