Pembentukan Nomina Bahasa Minangkabau di Jorong Koto Laweh Nagari Tanjung Alam Kecamatan Tanjuang Baru Kabupaten Tanah Datar

Syafrinanda, Syafrinanda (2022) Pembentukan Nomina Bahasa Minangkabau di Jorong Koto Laweh Nagari Tanjung Alam Kecamatan Tanjuang Baru Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_SYAFRINANDA_17017075_4624_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembentukan nomina bahasa Minangkabau di Jorong Koto Laweh Nagari Tanjung Alam Kecamatan Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar. Dialek Bahasa Minangkabau di daerah Jorong Koto Laweh berbeda dengan dialek bahasa Minangkabau pada umumnya contoh dari perbedaan variasi kata contohnya di Jorong Koto Laweh ‘palolok’ pada bahasa Minangkabau ‘palalok’. Hubunganya dengan nominalisasi pada pembentukan katanya yang diawali dengan prefiks pa- dengan ditambah dengan kata lalok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah tuturan-tuturan yang mengandung pembentukan nomina yang dituturkan oleh masyarakat di Jorong Koto Laweh Nagari Tanjung Alam Kecamatan Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar pada tahun 2021 salah satu contohnya pada kata yaitu pasikek yang gabunggan prefiks pa- + sikek = pasikek (alat sisir rambut). Sumber data yang digunakan adalah kalimat tuturan bahasa Minangkabau di Jorong Koto Laweh. Pengumpulan data menggunakan metode simak dan cakap. Melanjutkan dengan teknik rekam dan teknik catat. Metode dan analisis data dengan dilakukan dengan langkah. (1) Mentranskripkan data, (2) Mengklasifikasikan data, (3) Menganalisis data, (4) Menyimpulkan data, dan (5) Membuat laporan penelitian. Temuan Penelitian ini dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu pertama proses pembentukan nomina berdasarkan afiksasi yang ditemukan dalam bentuk prefiks pa-, prefiks sa-, prefiks ka-, sufiks –nyo, sufiks –an, konfiks ka-an dan konfiks pa-an. Kedua, proses pembentukan nomina berdasarkan reduplikasi ditemukan dwilingga (jamak), dwilingga N istilah kekerabatan, konfiks (R+an), dwilingga (menyerupai), dwipurwa (jamak), konfiks (R+an) + V dan konfiks (R+an) + A. Ketiga, proses pembentukan nomina berdasarkan pemajemukan ditemukan dalam bentuk kata majemuk koordinatif dan kata majemuk subordinatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJuita, NoviaUNSPECIFIED
CorrectorAgustina, AgustinaUNSPECIFIED
CorrectorAdek, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBENTUKAN NOMINA BAHASA MINANGKABAU
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:46
Last Modified: 17 Jul 2023 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44957

Actions (login required)

View Item View Item