Hubungan Antara Kesadaran Diri dengan Kedisiplinan Warga Belajar Pada Program Kesetaraan Paket C di PKBM Pradana Kota Padang

Marta, Jeni Dwi (2022) Hubungan Antara Kesadaran Diri dengan Kedisiplinan Warga Belajar Pada Program Kesetaraan Paket C di PKBM Pradana Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_JENI_DWI_MARTA_18005112_7355_2022.pdf.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kedisiplinan warga belajar pada program kesetaraan paket C di PKBM Pradana Kota Padang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) gambaran kesadaran diri warga belajar, (2) gambaran kedisiplinan warga belajar, (3) Hubungan antara kesadaran diri dengan kedisiplinan warga belajar pada program kesetaraan paket C di PKBM Pradana Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi. Populasi penelitian adalah 82 warga belajar kesetaraan paket C dengan menempuh 10 mata pelajaran di PKBM Pradana Kota Padang. Sampel penelitian diambil 50% dari populasi menjadi 41 warga belajar. Teknik pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket dengan alat pengumpulan data berupa kondusif; terdapat hubungan yang siginifikan antara kesadaran diri dengan kedisiplinan warga belajar pada program kesetaraan paket C di PKBM Pradana Kota Padang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Kesadaran diri dan kedisiplinan warga belajar pada program kesetaraan paket C dikategorikan rendah. Didapatkan hubungan yang signifikan antara Kesadaran Diri dengan Kedisiplinan Warga Belajar Program Kesetaraan Paket C Di PKBM Pradana Kota Padang. Disarankan agar pengelola/tutor di PKBM Pradana dapat menyampaikan materi dengan cara-cara yang menarik sehingga warga belajar memiliki ketertarikan dalam belajar serta semangat datang kelembaga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrmawita, IrmawitaUNSPECIFIED
CorrectorSetiawati, SetiawatiUNSPECIFIED
CorrectorJalius, JaliusUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:46
Last Modified: 17 Jul 2023 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44956

Actions (login required)

View Item View Item