Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Brownies Kukus Chocolatos Melalui Metode Proyek Bagi Anak Tunarungu (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas XI Tunarungu SLB N Sungai Penuh)

Aini, Istiqomah (2022) Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Brownies Kukus Chocolatos Melalui Metode Proyek Bagi Anak Tunarungu (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas XI Tunarungu SLB N Sungai Penuh). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_ISTIQOMAH_AINI_18003085_6679_2022.pdf.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di SLB N Sungai Penuh pada guru kelas tunarungu XI B. Guru mengajarkan pembelajaran tataboga dengan menggunakan metode ceramah dan penugasan, selain itu pada pembelajaran praktek tataboga dalam membuat brownies kukus chocolatos, guru cenderung lebih sering melakukan proses pembuatan brownies kukus chocolatos dibandingkan anak tunarungu, anak tunarungu cenderung hanya membantu guru dalam proses memasak, ini mengakibatkan kurangnya keikutsertaan anak tunarungu dalam proses praktek tataboga membuat brownies kukus chocolatos, berdampak pada rendahnya kemampuan anak tunarungu dalam membuat brownies kukus chocolatos. Karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan dan mengetahui apakah metode proyek dapat meningkatkan keterampilan vokasional membuat brownies kukus chocolatos bagi anak tunarungu kelas XI di SLB N Sungai Penuh. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus I empat pertemuan dan siklus II empat pertemuan terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes perbuatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan awal siswa yaitu AMR mendapatkan nilai 35%, DM mendapatkan nilai 30%, OL mendapatkan nilai 33%, dan RNA mendapatkan nilai 35%. Setelah diberikan tindakan pada siklus I hasil yang diperoleh anak tunarungu yaitu AMR mendapatkan nilai 63%, DM mendapatkan nilai 60%, OL mendapatkan nilai 60%, dan RNA mendapatkan nilai 63%. Pada pelaksanaan tindakan siklus II didapatkan hasil yang diperoleh anak tunarungu yaitu AMR mendapatkan nilai 93%, DM mendapatkan nilai 90%, OL mendapatkan nilai 90%, danRNA mendapatkan nilai 93%, dapat disimpulkan bahwa keterampilan vokasional membuat brownies kukus chocolatos bagi anak tunarungu di kelas XI SLB N Sungai Penuh dapat ditingkatkan melalui metode proyek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFatmawati, FatmawatiUNSPECIFIED
CorrectorArmaini, ArmainiUNSPECIFIED
CorrectorUtami, Iga SetiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:45
Last Modified: 17 Jul 2023 03:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44952

Actions (login required)

View Item View Item