Meningkatkan Kemampuan Pengembalian Uang Dalam Jual Beli Pada Siswa Tunagrahita Ringan Melalui Metode Out Door Learning (Classroom Action Research Kelas XI SLB Limas Padang).

Nasty, Isti’anah (2022) Meningkatkan Kemampuan Pengembalian Uang Dalam Jual Beli Pada Siswa Tunagrahita Ringan Melalui Metode Out Door Learning (Classroom Action Research Kelas XI SLB Limas Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_ISTI’ANAH_NASTY_21003284_4609_2022.pdf.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada proses belajar mengajar matematika guru hanya menjelaskan materi dengan bahan seadanya dan tidak menggunakan media sehingga siswa kelas XI tunagrahita kategori ringan belum mampu dalam memahami konsep pengembalian uang dalam proses jual beli es di SLB Limas Padang. Penelitian ini dilakukan pada bulan mei sampai Agustus 2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Pendekatan yang dilakukan bersifat kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru yaitu guru bertindak sebagai pengamat sedangkan peneliti yang bertindak sebagai pelaksana. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat pertemuan dan terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses pembelajaran yang dilakukan guru dalam menjelaskan pelajar menggunakan metode konvensional, guru dapat menerapkan salah satu metode yang dapat digunakan yaitu metode Out Door Learning. 2) Hasil belajar siswa dalam pengembalian uang dalam jual beli melalui metode out door learning. Dibuktikan dengan kemampuan awal siswa melalui soal pre-test dengan nilai 20% kategori kurang. melalui siklus 1 kemampuan siswa mengalami peningkatan tetapi belum maksimal dengan nilai 50% kategori cukup. Pada siklus 2 hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 80% kategori baik sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal dengan nilai 66. Dapat disimpulkan metode out door learning mampu meningkatkan kemampuan pengembalian uang dalam jual beli bagi siswa tunagrahita kategori ringan. Saran penelitian ini guru lebih mengupayakan metode yang lebih bervariasi dan menarik untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa sehingga tujuan pembelajaran tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
CorrectorZulmiyetri, ZulmiyetriUNSPECIFIED
CorrectorBudi, SetiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:45
Last Modified: 17 Jul 2023 03:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44951

Actions (login required)

View Item View Item