Hubungan Antara Penerapan Prinsip Pembelajaran Andragogi Oleh Ustadz Dengan Partisipasi Aktif Anggota Majelis Taklim Al Ikhlas Rw 17 Parupuk Tabing

Aini, Isda (2022) Hubungan Antara Penerapan Prinsip Pembelajaran Andragogi Oleh Ustadz Dengan Partisipasi Aktif Anggota Majelis Taklim Al Ikhlas Rw 17 Parupuk Tabing. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_ISDA_AINI_18005070_6875_2022.pdf.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya partisipasi anggota Majelis Taklim dalam pembelajaran, hal ini terlihat dari kurangnya kehadiran, dan keaktifan warga belajar dalam pembelajaran masih rendah dan kurang efektif. Hal ini diduga karena ustadz belum menerapkan prinsip pembelajaran andragogi secara maksimal dalam kegiatan pembelajaran Majelis Taklim Al-Ikhlas Parupuk Tabing. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan penerapan prinsip pembelajaran andragogi oleh ustadz, menggambarkan partisipasi aktif anggota majelis dan melihat apakah terdapat hubungan antara penerapan prinsip pembelajaran andragogi oleh ustadz dengan partisipasi aktif anggota Majelis Taklim Al-Ikhlas . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang menggambarkan serta mencari hubungan antara dua variable. Variabel penelitian ini adalah penerapan prinsip pembelajaran andragogi oleh ustadz sebagai variabel X dan partisipasi aktif anggota Majelis Taklim sebagai variabel Y. populasi penelitian ini adalah anggota Majelis Taklim Al-Ikhlas yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel dengan metode simple random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini 24 orang anggota Majelis Taklim. jenis data dalam penelitian ini adalah data mengenai penerapan prinsip pembelajaran andragogi oleh ustadz dalam kegiatan dan data mengenai keaktifan anggota Majelis Taklim. Data dikumpulkan dengan teknik angket dan alat pengumpulan data berupa kuesioner. dengan pengolahan menggunakan teknik analisis data persentase dan rank order. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan prinsip pembelajaran andragogi oleh ustadz dalam proses pembelajaran di Majelis Taklim Al-Ikhlas kurang terlaksana, (2) partisipasi anggota Majelis Taklim Al-Ikhlas dalam proses pembelajaran masih tergolong rendah, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan prinsip pembelajaran andragogi oleh ustadz dengan partisipasi aktif anggota Majelis Taklim Al-Ikhlas . Saran untuk penelitian ini adalah diharapkan kepada ustadz agar menerapkan prinsip pembelajaran andragogi dalam sehingga partisipasi aktif anggota Majelis Taklim tinggi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIsmaniar, IsmaniarUNSPECIFIED
CorrectorNatsir, MohUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Lili DasaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:44
Last Modified: 17 Jul 2023 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44949

Actions (login required)

View Item View Item