Efektifitas Metode Proyek dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional membuat Lampu Hias dari Sendok Plastik bagi anak Tunarungu (Pre-Experiment Design di SLB N 2 Pariaman)

Awaliyah, Iqlimatul (2022) Efektifitas Metode Proyek dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional membuat Lampu Hias dari Sendok Plastik bagi anak Tunarungu (Pre-Experiment Design di SLB N 2 Pariaman). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_IQLIMATUL_AWALIYAH_18003012_4701_2022.pdf.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang permasalahan di SLB N 2 Pariaman dimana pembelajaran vokasional telah diajarkan disekolah, namun pembelajaran vokasional ini terhenti karena belum ada keterampilan baru yang akan diberikan kepada anak. Oleh karena itu guru meminta agar adanya keterampilan serta metode pembelajarn baru yang akan membuat minat belajar anak bertambah. Maka dari itu peneliti ingin mengajarkan sebuah keterampilan vokasional membuat lampu hias dari sendok plastik pada anak tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode proyek efektif dalam meningkatkan keterampilan membuat lampu hias dari sendok plastik pada anak tunarungu di SLB N 2 Pariaman. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan metode pre-ekperiment design pretest dan posttest. Dimana nantinya hasil dari pretest dan posttest yang telah dicari perbandingannya dengan menguji hipotesis penelitian. Selanjutnya barulah dapat diuji dengan menggunakan uji analisis Wilcoxon Sign Rank Test. Dari hasil tersebut menghasilkan nilai probabilitas atau Asymp.sig (2-tailed) 0,042. Hasil penelitian ini menunjukan nilai Asymp.sig (2- tailed) 0,043 kecil dibandingkan tafar signifikasi yang sudah ditentukan yaiitu 0.05(,042 < 0,05). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa metode proyek efektif dalam meningkatkan kemampuan vokasional dalam membuat lampu hias dari sendok plastik pada anak tunarungu di SLB N 2 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfendi, JonUNSPECIFIED
CorrectorZ, MartiasUNSPECIFIED
CorrectorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:44
Last Modified: 17 Jul 2023 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44947

Actions (login required)

View Item View Item