Wulandari, Husni
(2022)
Pengembangan Media Game Education dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Adobe Animate CC di Kelas II Sekolah Dasar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh media game education yang dikembangkan pada penelitian sebelumnya hanya terkhusus pada satu muatan pembelajaran saja. Masih minim yang mengembangkan sebagai media pembelajaran tematik terpadu. Pada penelitian ini peneliti mengembangkan media game education berbasis adobe animate cc sebagai media pembelajaran tematik terpadu di kelas II Sekolah Dasar sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran pada kurikulum 2013. Oleh karena itu, media game education berbasis adobe animate cc diuji coba di lapangan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media.
Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Dengan tahap Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi oleh validator dan angket respon guru. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 10 orang peserta didik kelas II SDI Sjech Djamil Djambek.
Hasil dari penelitian ini diperoleh sebuah media game education pada pembelajaran tematik terpadu berbasis adobe animate cc di kelas II Sekolah Dasar. Hasil uji validitas media game education secara keseluruhan oleh tiga orang validator memperoleh nilai rata-rata 91,67% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji praktikalitas media game education oleh guru diperoleh nilai 95,38% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media game education sebagai media pembelajaran tematik terpadu berbasis adobe animate cc di kelas II Sekolah Dasar valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran tematik terpadu di kelas II Sekolah Dasar.
Actions (login required)
|
View Item |