Azzahra, Hafiza
(2022)
Meningkatkan Kerapian Menulis Dengan Media Buku Bergaris Tiga Pada Anak Tunagrahita Ringan (Single Subject Research Kelas IX- C SLB Perwari Padang).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Rendahnya keterampilan menulis pada anak tunagrahita ringan yaitu dalam aspek kerapian menulis, dengan permasalahan menulis diantaranya hambatan menulis bentuk huruf, menebalkan huruf, dan menghilangkan beberapa huruf bahkan menggantikan dengan huruf yang lain. Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang permasalahan anak tunagrahita ringan kelas IX yang memiliki keterampilan menulis dalam aspek kerapian menulis rendah. Dibutuhkan layanan untuk meningkatkan kerapian menulis anak. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kerapian menulis anak dengan media buku bergaris tiga.
Penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Penelitian ini dilakukan sebanyak 14 kali pertemuan, pada kondisi awal anak atau disebut baseline (A1) dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan, pada kondisi intervensi (B) dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan, dan pada kondisi akhir atau disebut baseline (A2) dilakukan 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini yaitu pada baseline (A1) adalah 60%, 73,33%, 73,33%, dan 73,33%. Pertemuan pada intervensi (B) adalah 80%, 86,67%, 93,33%, 80%, 86,67%, dan 86,67%. Pada baseline (A2) presentase penilaian sebanyak 86,67%, 80%, 73,33%, dan 73,33%. Atas hasil analisis data tersebut, maka penelitian media buku bergaris tiga dapat meningkatkan kerapian menulis untuk anak tunagrahita ringan kelas IX-C SLB Perwari Padang.
Actions (login required)
|
View Item |