Hubungan Pelaksanaan Metode Iqra terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri di Taman Pendidikan Qur’an Nur Akbar Kampung Sawah Kecamatan Lubuk Basung

Lestari, Indah Afri (2023) Hubungan Pelaksanaan Metode Iqra terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri di Taman Pendidikan Qur’an Nur Akbar Kampung Sawah Kecamatan Lubuk Basung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_INDAH_AFRI_LESTARI_18005057_1680_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya nilai hasil kemampuan membaca Al-Qur’an santri di Taman Pendidikan Qur’an Nur Akbar Kampung Sawah, yang diduga karena kurang baik nya metode Iqra yang digunakan dalam melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan gambaran mengenai hubungan antara pelaksanaan metode Iqra terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri di Taman Pendidikan Qur’an Nur Akbar Kampung Sawah Kecamatan Lubuk Basung Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh santri yang berada dalam kelompok menjadi juz amma dan Al-Qur’an. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan juga tes pengetahuan dan tes keterampilan. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus rank order correlation. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode Iqra yang telah terlaksana masih tergolong kurang baik, kemampuan membaca Al-Qur’an santri masih tergolong rendah dengan kategori kurang baik, dan terdapat hubungan yang signifikan antara metode Iqra terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri di Taman Pendidikan Qur’an Nur Akbar Kampung Sawah Kecamatan Lubuk Basung. Artinya penggunaan metode Iqra dapat memberikan pengaruh terhadap meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Saran dalam penelitian ini diharapkan Ustad/ustadzah agar lebih memperhatikan dan juga meningkatkan penerapan metode Iqra dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan, diharapkan kepada santri agar lebih dapat meningkatkan kemampuannya dalam membaca Al-Qur’an sehingga dapat lebih baik lagi, diharapkan kepada peneliti selanjutnya dapat memperdalam penelitian ini dengan variabel yang lebih lengkap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJamaris, JamarisUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Lili DasaUNSPECIFIED
CorrectorNatsir, MHD.UNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:41
Last Modified: 17 Jul 2023 03:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44934

Actions (login required)

View Item View Item