Upaya Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Seni Bela Diri Taekwondo di Dojng SMAN 1 Bonjol.

Tamsil, Hafid Abdul (2022) Upaya Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Seni Bela Diri Taekwondo di Dojng SMAN 1 Bonjol. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_HAFID_ABDUL_TAMSIL_18005109_7325_2022.pdf.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena keunikan upaya pembentukan karakter anak usia dini melalui seni bela diri taekwondo di Dojang SMAN 1 Bonjol. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan metode pembentukan karakter anak usia dini melalui pembelajaran seni bela diri taekwondo di Dojang SMAN 1 Bonjol. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah pelatih/sabeum, orangtua anak usia dini, dan taekwondoin penanggung jawab kelompok. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data di peroleh menggunakan triangulasi sumber dan teori. Hasil penelitian mengungkap (1) tujuan pelaksanaan pembelajaran seni bela diri taekwondo dalam pembentukan karakter anak usia dini di Dojang SMAN 1 Bonjol agar anak-anak yang mempunyai waktu luang dapat mempunyai kegiatan yang bermanfaat dan dapat meningkatkan potensi serta membentuk karakter anak menjadi lebih baik lagi. pembentukan karakter anak melalui seni bela diri taekwondo ini bisa seperti membentuk karakter percaya diri, bertanggung jawab, disiplin dan keberanian dari diri anak-anak taekwondoin. (2) sistem pembelajaran bertingkat yang digunakan pada pembentukan karakter taekwondoin yakni taekwondoin yang mempunyai tingkatan sabuk yang lebih tinggi dapat menjadi penanggung jawab kelompok yang memiliki rentang usia di bawahnya pada setiap latihan. Dan yang di pilih menjadi penanggung jawab yakni taekwondoin yang sudah mempunyai kriteria yang sesuai dengan yang pelatih inginkan. Dan kegiatan pelatihan taekwondo ini juga di pantau dan diawasi oleh pelatih/sabeum dari awal sampai akhir latihan, (3) pelaksanan pembelajaran betingkat ini terbagi menjadi dua tahap yaitu pertama, anak dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan usia dan tingkatan sabuk. Dan kedua, taekwondoin yang mempunyai tingkatan sabuk yang lebih tinggi menjadi penanggung jawab setiap kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIsmaniar, IsmaniarUNSPECIFIED
CorrectorSyur'aini, Syur'ainiUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Lili DasaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:41
Last Modified: 17 Jul 2023 03:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44933

Actions (login required)

View Item View Item