Fajria, Gita
(2022)
Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Take and Give di Kelas VB SD Negeri 01 Tangah Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan lapangan, yang menunjukkan dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu, kegiatan pembelajaran masih terpusat pada guru, guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif, peserta didik belum aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar yang diperoleh peserta didik masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Take and Give di Kelas VB SD Negeri 01 Tangah Kabupaten Agam Kota a) Perencanaan; b) Pelaksanaan; c) Hasil Belajar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2x pertemuan dan siklus II terdiri 1x pertemuan. Prosedur penelitian meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas VB Negeri 01 Tangah Kabupaten Agam . Data penelitian berasal dari hasil tes, nontes dan hasil pengamatan perencanaan dan pelaksanaan menggunakan model Take and Give. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan nontes.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : 1) RPP siklus I dengan rata-rata 86,11% dan siklus II 94,44%, 2) Hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru siklus I dengan rata-rata 85,71% dan siklus II 92,85%, dan aktivitas peserta didik siklus I dengan rata-rata 78,57%, dan siklus II 92,85%, c) Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 76,91 dan siklus II dengan rata-rata 83,21. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas VB Negeri 01 Tangah Kabupaten Agam.
Actions (login required)
|
View Item |