Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Flash Card Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IX.

Btb, Fitra Haini Sudisma (2022) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Flash Card Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IX. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_FITRA_HAINI_SUDISMA_BTB_18003096_6966_2022.pdf.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang ditemukan di SLBN 1 Sungai Aur pada anak tunagrahita ringan kelas IX. Tujuan penelitian ini yaitu untuk membahas meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan media flash card. Flash card bisa dijadikan sebagai media yang menarik dan menyenangkan serta membuat anak aktif da lam mengikuti pembelajaran membaca. Penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. A1 merupakan kondisi awal yang belum diberikan intervensi, B merupakan intervensi dimana anak diberikan perlakuan dengan menggunakan media flash card. Serta A2 merupakan kondisi setelah tidak lagi diberikan intervensi. Pada baseline 1 (A1) dilakukan secara kontinue selama 5 kali pertemuan sampai data stabil. Pada intervensi menggunakan media flash card (B) dilakukan selama 8 kali pertemuan sampai data stabil, dan pada baseline yang kedua (A2) dilakukan selama tiga kali pertemuan untuk melihat apakah ada pengaruh intervensi yang diberikan terhadap kemampuan membaca permulaan anak dan data stabil diperoleh pada pertemuan 14 sampai 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, kemampu anak tunagrahita ringan dalam membaca permulaan dengan menggunakan media flash card memperoleh kenaikan yaitu pada baseline A1 persentasenya 46,6%-53,3%, pada fase intervensi (B) persentase yang diperoleh 53,3%-80%, dan pada fase baseline A2 diperoleh persentase 80% selama tiga kali pertemuan berturut-turut. rata-rata selama pengamatan pada saat proses pembelajaran dengan menggunakan media flash card mengalami peningkatan. Kedua, kemampuan membaca permulaan pada anak tunagrahita ringan yang berinisial UH dengan pembelajaran menggunakan media flash card memperoleh kenaikan yang signifikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi langsung yaitu tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Dapat disimpulkan bahwa media flash card dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan kelas IX.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulmiyetri, ZulmiyetriUNSPECIFIED
CorrectorFatmawati, FatmawatiUNSPECIFIED
CorrectorDamri, DamriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:39
Last Modified: 17 Jul 2023 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44925

Actions (login required)

View Item View Item