Rahmi, Fifi Miftahur
(2022)
Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas V SD.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan sebagai upaya dalam memecahkan masalah belajar siswa, Media Pembelajaran ini dapat dijadikan alternative untuk mengurangi permasalahan dalampembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pada mata pelajaran PJOK kelas V serta mengetahui kualitas kevalidan dan kepraktisan dari produk yang dikembangkan sehingga layak digunakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan 4-D. Adapun prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) Define, (2) Design, (3) Develop, (4) Disseminate. Ujivaliditas produk dilakukan oleh 3 validator yaitu 1 orang validator ahli materi dan 2 orang validator ahli media.Uji praktikalitas dilakukan kepada 20 orang siswa kelas V di SDN 02 Minangkabau.
Pengembangan media video pembelajaran menggunakan aplikasi Vn Video Editor pada mata pelajaran PJOK untuk kelas V SD telah dilakukan sesuai dengan prosedur pengembangan yang menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk video. Produk ini telah melalui tahap validasi, Berdasarkan hasil penilaian validasi materi dari guru bidang studi PJOK SDN 02 Minangkabau dan validasi media yakni dosen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, hasil validasi dari dua ahli media sudah dikategorikan “ sangat valid” dengan rata-rata 4,85. Sedangkan hasil akhir validasi dari ahli materi sudah dikategorikan “sangatsesuai” dengan rata-rata 4,69. Pada hasil uji praktikalitas produk media pembelajaran berada pada rata-rata 4,69 kategori “Sangat Praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran menggunakan aplikasi Vn Video Editor pada mata pelajaran PJOK dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.
Actions (login required)
|
View Item |