Fandary, Fezy
(2022)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Mind Mapping di Kelas V SDN 19 Ambacang Anggang Kabupaten Pasaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu oleh guru kurang optimal sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas V SDN 19 Ambacang Anggang Kabupaten Pasaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Mind Mapping di kelas V SDN 19 Ambacang Anggang Kabupaten Pasaman.
Penelitian dilaksanakan di SDN 19 Ambacang Anggang Kabupaten Pasaman dengan subjek guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 24 orang pesertadidik, terdiri dari 11 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitian yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan dokumen analisisis, hasil observasi, hasil tes dan nontes.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Perencanaan RPP pada siklus I diperoleh rata-rata 80,55% (Baik) meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (Sangat Baik). Pelaksanaan dari aktivitas guru siklus I dengan rata-rata 82,30% (Baik) meningkat pada siklus II menjadi 96,87% (Sangat Baik), sedangkan pada pelaksanaan aktivitas peserta didik rata-rata siklus I yaitu 79,68% (Cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 96,87% (Sangat baik). Hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 79,34 (Cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 91,55 (Baik). Berdasarkan data hasil tersebut maka disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.
Actions (login required)
|
View Item |