Meningkatkan Konsentrasi Belajar Menggunakan Media Puzzle pada Anak ADHD Kelas 1 di SD Pembangunan Laboratorium UNP (Single Subject Research di Kelas 1 SD Pembangunan Laboratorium UNP)

Sari, Febri Purnama (2022) Meningkatkan Konsentrasi Belajar Menggunakan Media Puzzle pada Anak ADHD Kelas 1 di SD Pembangunan Laboratorium UNP (Single Subject Research di Kelas 1 SD Pembangunan Laboratorium UNP). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_FEBRI_PURNAMA_SARI_18003062_6919_2022.pdf.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Konsentrasi belajar adalah bagaimana anak mampu fokus dalam mengerjakan sesuatu hingga pekerjaan itu selesai dalam waktu tertentu dan anak dapat mengingat dengan baik segala hal dalam proses belajarnya. Anak yang terganggu konsentrasinya dalam melakukan sesuatu akan mengalami kesulitan untuk memfokuskan konsentrasinya dalam menyelesaikan tugas yang diembannya secara terus menerus. Adapun ADHD merupakan perilaku yang berkembang secara tidak sempurna dan timbul pada anak-anak serta orang dewasa. Perilaku yang dimaksud berupa kekurangmampuan dalam hal menaruh perhatian dan pengontrolan gerak motor. Berdasarkan hasil asesmen, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak dalam berkonsentrasi dalam belajar menggunakan media puzzle. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A, subjek penelitian ini seorang anak ADHD dengan konsentrasi belajar rendah, yakni belum mampu berkonsentrasi dalam belajar selama 5 menit. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan melakukan asesmen terhadap konsentrasi belajar pada anak dan pengumpulan data dilakukan dengan cara mencatat durasi berapa lama anak mampu berkonsentrasi saat belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan cara analisis data dalam kondisi dan analisis data antar kondisi. Hasil penelitian ini dapat dibuktikan dari kecenderungan stabilitas pada mean level A1 yakni 1,8. Lalu terjadi kenaikan saat diberikan intervensi sebesar 5,42 dan setelah diberikan perlakuan pada tahap intervensi yaitu pada kondisi A2 diperoleh hasil 6. Sehingga dapat disimpulkan bahwa meningkatnya hasil mean level tiap kondisi menunjukkan anak mampu mempertahankan konsentrasi lebih lama dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmaini, ArmainiUNSPECIFIED
CorrectorZ, MartiasUNSPECIFIED
CorrectorUtami, Iga SetiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:14
Last Modified: 17 Jul 2023 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44917

Actions (login required)

View Item View Item