Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match Di Kelas V SDN 11 Lubuk Buaya Padang

Azzahra, Fahrani (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match Di Kelas V SDN 11 Lubuk Buaya Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_FAHRANI_AZZAHRA_18129011_6469_2022.pdf.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V ini dilatar belakangi oleh: Guru belum menciptakan suasana belajar yang aktif, guru belum menciptakan pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas belajar dan berfikir pesera didik. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu mnggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunkan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan dalam 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian yang berkaitan dengan hasil perencanaan, pelaksanaan, pengamatan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match. Teknik pengumpulan data adalah tes dan non tes. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan peserta didik yang berjumlah 24 orang. Hasil penelitian menunjukan : Penilaian RPP siklus I pertemuan I yaitu 75% (Cukup) dan pertemuan II yaitu 83,33% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (Sangat Baik). Penilaian aspek guru siklus I pertemuan I 75% (Cukup) dan pertemuan II yaitu 87,5% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (Sangat Baik). Penilaian aspek peserta didik siklus I pertemuan I 75% (Cukup) dan pertemuan II 84,3% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I pertemuan I diperoleh nilai rata-rata 63 dan pertemuan II diperoleh nilai rata-rata 75, meningkat pada siklus II yaitu, diperoleh nilai rata-rata 83. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:14
Last Modified: 17 Jul 2023 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44914

Actions (login required)

View Item View Item