Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Group Investigation Padapembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sdn 08 Kinali Kab. Pasaman Barat

Nst, Fadiya Yusra (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Group Investigation Padapembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sdn 08 Kinali Kab. Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_FADIYA_YUSRA_NASUTION_18129175_6394_2022.pdf.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran tematik terpadu, perencanaan pembelajaran belum maksimal, RPP yang terdapat pada buku guru belum dikembangkan, penggunaan model pembelajaran yang belum tepat,Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Group Investigationpada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 08 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 08 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif.Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Prosedur penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas V SDN 08 Kinali Kabupaten Pasaman Barat, yang berjumlah 21 0rang, 13 orang perempuan dan 8 orang laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. a) RPP siklus I memperolehrata–rata81,94%dengankualifikasibaik(B)kemudianmeningkat pada siklus II dengan rata-rata 91,66% dengan kualifikasi sangat baik (SB), b) pelaksanaan pembelajaran siklus I pada aspek guru memperoleh rata – rata 76,78% dengan kualifikasi cukup (C), kemudian meningkat pada siklus II dengan rata-rata 96,42% dengan kualifikasi sangat baik (SB) dan pelaksanaan padaaspekpeserta didikpadasiklusIrata–rata76,78%dengankualifikasicukup(C), meningkat pada siklus II menjadi 92,85% dengan kualifikasi sangat baik(SB), c) hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata – rata 73,65 dengan kualifikasi cukup (C), kemudian meningkat pada siklus II dengan rata-rata 87,92dengan kualifikasi Baik (B). Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model Kooperatif Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
CorrectorMuhammdi, MuhammdiUNSPECIFIED
CorrectorArwin, ArwinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:14
Last Modified: 17 Jul 2023 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44913

Actions (login required)

View Item View Item