Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas IV SDN Cupak.

Nurfadilah, Exela (2022) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas IV SDN Cupak. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_EXELA_NURFADILAH_18004069_4939_2022.pdf.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan teknologi pada kesimpulannya pula memasuki kepada dunia pembelajaran. Sekolah pula mempunyai kedudukan berarti dalam kelancaran proses pendidikan. Disaat ini penyelenggara pendidikan semakin sadar, berartinya media yang menunjang pendidikan. Pembelajaran dengan memakai media interaktif bisa dijadikan sumber alternatif guna kurangi kejenuhan partisipan didik dalam proses pendidikan. khususnya bisa digunakan pada disaat pendidikan IPA di tingkatan SDN Cupak. Oleh karena itu, kasus yang dikaji dalam penelitian ini merupakan“Apakah ada pengaruh pemakaian media interaktif berbasis adobe flash cs6 pada siswa kelas IV SDN 12 dan SDN 05 Cupak Kabupaten Solok.” Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment research). Terdiri atas 2 kelas ialah kelas eksperimen serta kelas kontrol. Dengan metode menyamakan kelas eksperimen yakni kelas IV SDN 12 Cupak dengan perlakuan memakai media pendidikan interaktif serta kelas kontrol yaitu kelas IV SDN 05 Cupak diberi perlakuan tidak memakai media interaktif. Mempunyai jumlah siswa yang sama ialah 25 orang. Penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran IPA semester 2 tahun ajaran 2021/ 2022. Untuk pengujian hipotesis, penelitian ini memakai statistik uji t, dengan taraf signifikan 5%(= 0,05). Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen yang memakai media interaktif ialah 80,36. Nilai rata-rata kelas kontrol yang tidak memakai media interaktif yakni 70,84. Bersumber pada perhitungan uji t (t-test) diperoleh t hitung 7,43 sebaliknya t tabel pada taraf signifikan α 0,05= 2,01. Bila dibandingkan, sehingga t hitung > t table ialah 7,43>2,01. Yang berarti bahwa H0 ditolak serta H1 yang diterima. Dengan demikian pemakaian media interaktif mempengaruhi secara signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN 12 Cupak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYusri, Meldi Ade KurniaUNSPECIFIED
CorrectorSyafril, SyafrilUNSPECIFIED
CorrectorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:13
Last Modified: 17 Jul 2023 02:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44911

Actions (login required)

View Item View Item