Efektivitas Cognitive Behavior Therapy dengan Teknik Thought Stopping untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Narapidana Penyalahgunaan Narkoba di Lapas Klas IIB Lubuk Basung

Yenes, Elpika (2022) Efektivitas Cognitive Behavior Therapy dengan Teknik Thought Stopping untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Narapidana Penyalahgunaan Narkoba di Lapas Klas IIB Lubuk Basung. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_ELPIKA_YENES_20151047_5764_2022.pdf.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Kecemasan merupakan dampak tertinggi yang dialami oleh narapidana penyalahgunaan narkoba. Individu yang mengalami gangguan kecemasan dapat memperlihatkan perilaku sepertia danya rasa takut yang tidak beralasan, panik dan khawatir.Panik dan khawatir dapat diatasi dengan memberikan konseling Cognitive Behavior Therapy dengan teknik thought stopping. Tujuan penelitian ini yaitu, (1) mendeskripsikan bentuk kecemasan narapidana penyalahgunaan narkoba sebelum dilakukan treatment (pre-test), (2) mendeskripsikan bentuk kecemasan narapidana penyalahgunaan narkoba setelah dilakukan treatment (post-test), (3) menguji keefektifan pendekatan Cognitive Behavior Therapy dengan teknik thought stopping untuk menurunkan tingkat kecemasan narapidana penyalahgunaan narkoba. Metodepenelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian pre-eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah the one group pre-test post-test design. Penarikan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan model skala Likert, data dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan SPSS versi 26.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gambaran kondisi kecemasan narapidana penyalahgunaan narkoba sebelum diberikan treatment (pre-test) berada pada kategori sedang, (2) gambaran kondisi kecemasan narapidana penyalahgunaan narkoba setelah diberikan treatment (post-test) berada pada kategori rendah, (3) pendekatan Cognitive Behavior Therapy dengan teknik thought stopping dapat menurunkan tingkat kecemasan narapidana penyalahgunaan narkoba.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKarneli, YeniUNSPECIFIED
CorrectorNetrawati, NetrawatiUNSPECIFIED
CorrectorNurfarhanah, NurfarhanahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:13
Last Modified: 17 Jul 2023 02:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44910

Actions (login required)

View Item View Item