Santi, Elia
(2022)
Meningkatkan Pembelajaran Keterampilan Tata Rias Melalui
Model Direct Instruction Bagi anak Tunarungu (Penelitian Tindakan Kelas di
Kelas X/ B SLBN Sungai Penuh).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLBN Sungai Penuh. Peneliti menemukan dua orang siswa tunarungu kelas X/B yang belum mampu melakukan Creambath Jenis rambut berminyak dengan benar. Pada proses pembelajaran guru menggunakan metode ceramah dan menyalin tulisan guru di papan tulis, sehingga siswa terlihat kurang bersemangat dan jenuh dalam poses pembelajaran dan menjadikan komunikasi di dalam kelas hanya berjalan satu arah. Guru kurang melakukan peragaan dalam pembelajaran, sehingga siswa kurang memahami fungsi alat bantu serta langkah langkah creambath. Berdasarkan permasalahan maka untuk meningkatkan pembelajaran keterampilan creambath, maka diterapkan model Direct Instruction untuk meningkatkan keterampilan creambath bagi siswa tunarungu kelas X/B SLBN Sungai Penuh.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan rekfleksi. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru tata busana yang bertindak sebagai pengamat, dan peneliti yang merupakan guru ketrampilan tata rias sebagai pemberi tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kemampuan siswa pada kondisi awal adalah AM 40,08 dan RT 57,14. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai kemampuan AM 61,90 dan RT 69,04. Kemudian hasil yang ditunjukkan pada siklus II adalah AM 90,47 dan RT 92, 85. Hal tersebut menunjukkan bahwa model Direct Instruction dapat meningkatkan keterampilan creambath bagi siswa tunarungu kelas X/B SLBN Sungai Penuh.
Actions (login required)
|
View Item |