Meningkatkan Pembelajaran Keterampilan Tata Rias Melalui Model Direct Instruction Bagi anak Tunarungu (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas X/ B SLBN Sungai Penuh).

Santi, Elia (2022) Meningkatkan Pembelajaran Keterampilan Tata Rias Melalui Model Direct Instruction Bagi anak Tunarungu (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas X/ B SLBN Sungai Penuh). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_ELIA_SANTI_21003268_4565_2022.pdf.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLBN Sungai Penuh. Peneliti menemukan dua orang siswa tunarungu kelas X/B yang belum mampu melakukan Creambath Jenis rambut berminyak dengan benar. Pada proses pembelajaran guru menggunakan metode ceramah dan menyalin tulisan guru di papan tulis, sehingga siswa terlihat kurang bersemangat dan jenuh dalam poses pembelajaran dan menjadikan komunikasi di dalam kelas hanya berjalan satu arah. Guru kurang melakukan peragaan dalam pembelajaran, sehingga siswa kurang memahami fungsi alat bantu serta langkah langkah creambath. Berdasarkan permasalahan maka untuk meningkatkan pembelajaran keterampilan creambath, maka diterapkan model Direct Instruction untuk meningkatkan keterampilan creambath bagi siswa tunarungu kelas X/B SLBN Sungai Penuh. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan rekfleksi. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru tata busana yang bertindak sebagai pengamat, dan peneliti yang merupakan guru ketrampilan tata rias sebagai pemberi tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kemampuan siswa pada kondisi awal adalah AM 40,08 dan RT 57,14. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai kemampuan AM 61,90 dan RT 69,04. Kemudian hasil yang ditunjukkan pada siklus II adalah AM 90,47 dan RT 92, 85. Hal tersebut menunjukkan bahwa model Direct Instruction dapat meningkatkan keterampilan creambath bagi siswa tunarungu kelas X/B SLBN Sungai Penuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmaini, ArmainiUNSPECIFIED
CorrectorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:12
Last Modified: 17 Jul 2023 02:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44909

Actions (login required)

View Item View Item