Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V SD Negeri 9 Padang Panjang Barat

Syafa, Dyah Irfanny (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V SD Negeri 9 Padang Panjang Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_DYAH_IRFANNY_SYAFA_18129246_6425_2022.pdf.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah dan kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Contextual Teaching And Learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, yakni siklus I dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan sedangkan siklus II dilaksanakan dengan 1 kali pertemuan. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah semua peserta didik kelas V SD Negeri 9 Padang Panjang Barat dengan 9 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Keberhasilan rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dan hasil belajar dapat diperoleh dengan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pengamatan RPP siklus I yaitu 80,7% (B), meningkat pada siklus II menjadi 90,9% (SB). Ini juga terlihat pada rata-rata hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru siklus I adalah 82,4% (B) meningkat pada siklus II menjadi 91,7% (SB). Pada aktivitas peserta didik didapat rata-rata siklus I yaitu 82,4% (B) meningkat pada siklus II menjadi 91,7% (SB). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 71,5 (C) meningkat pada siklus II menjadi 83,7 (B). berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 9 Padang Panjang Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorEliyasri, RifdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:39
Last Modified: 17 Jul 2023 01:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44907

Actions (login required)

View Item View Item