Peningkatan Hasil Belajar Pecahan Senilai dengan Model Problem Based Learning(PBL) di Kelas IV SDN 14 Gadut Tilatang Kamang Kabupaten Agam

Sasrina, Dewi (2022) Peningkatan Hasil Belajar Pecahan Senilai dengan Model Problem Based Learning(PBL) di Kelas IV SDN 14 Gadut Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_DEWI_SASRINA_1207367_7986_2022.pdf.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pada proses pembelajaran guru belum mengaitkan materi pembelajaran pecahan senilai dengan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Akibatnya, tidak adanya kemampuan peserta didik menemukan dan memecahkan masalah sendiri dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pecahan senilai dengan model Problem Based Learning di kelas IV SDN 14 Gadut Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh dari lembar pengamatan RPP, aspek guru, aspek siswa dan lembar tes.Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 16 orang siswa kelas IV SDN 14 Gadut Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: (1) Penilaian RPP siklus I yang memperoleh nilai rata-rata 78% dengan kualifikasi C (Cukup), meningkat menjadi 94% dengan kualifikasi SB (Sangat Baik) pada siklus II. (2) Penilaian aspek guru siklus I memperoleh nilai rata-rata 86% dengan kualifikasi B (Baik), meningkat menjadi 93% dengan kualifikasi SB (Sangat Baik) pada siklus II. Penilaian aspek siswa siklus I memperoleh nilai rata-rata 86% dengan kualifikasi B (Baik), meningkat menjadi 93% dengan kualifikasi SB (Sangat Baik) pada siklus II. (3) Hasil belajar siswa siklus I memperoleh nilai rata-rata 77, meningkat pada siklus II menjadi 88. Dengan demikian, model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pecahan senilai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorIndrawati, TinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:31
Last Modified: 17 Jul 2023 01:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44902

Actions (login required)

View Item View Item