Pengembangan Web Blog Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP

Suhel, Citra Permata (2022) Pengembangan Web Blog Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_CITRA_PERMATA_SUHELl_18004118_5359_2022.pdf.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pengembangan web blog pembelajaran pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP ini dilatar belakangi dari permasalahan pada saat proses pembelajaran berlangsung yaitu kurangnya waktu di kelas dalam proses pembelajaran membuat siswa kesulitan untuk memahami materi secara mendalam. Guru belum menggunakan media pembelajaran yang menggunakan teknologi karena minimnya waktu dalam pembuatan media. Serta sumber belajar yang dipakai guru dalam pembelajaran yaitu buku teks dan lembar kerja siswa. Dengan adanya web blog pembelajaran dapat dijadikan media tambahan dalam proses pembelajaran yang dapat dipelajari siswa secara mandiri. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan web blog pembelajaran yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP. Fokus penelitian ini yaitu kelas VII dengan satu sampel sebanyak 32 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau istilahnya R & D (Research and Development). Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek yang termasuk kedalam penelitan ini terdiri dari 3 macam yaitu subjek uji validitas, subjek uji praktikalitas, dan subjek uji efektivitas. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket, dokumentasi dan format penilaian menggunakan skala likert. Teknik analisis data yaitu menggunakan dua jenis data yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan webblog pembelajaran pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP menunjukkan bahwa (1) Hasil uji validitas media diperoleh dari dua orang dosen ahli media Jurusan KTP FIP UNP dengan kriteria “Sangat Valid” dan mendapat skor rata-rata sebesar 4,8. Dan hasil uji validitas materi diperoleh dari satu orang guru mata pelajaran IPS kelas VII di SMPN 4 Bukittinggi dengan kriteria “Sangat Valid” dan mendapat skor rata-rata sebesar 5,00. (2) Hasil uji praktikalitas diperoleh dari siswa kelas VII SMP sebanyak 32 siswa dengan criteria “Sangat Praktis” dan mendapat skor rata-rata sebesar 4,51. (3) Dan uji efektivitas didapat thitung sebesar 15,51 selanjutnya dicari ttabel menggunakan tabel t dengan df=N-1=32-1=31 dengan α 0,05 maka ttabel adalah 2,039. Jadi thitung > dari ttabel. Maka weblog pembelajaran dapat diartikan memiliki efektivitas yang tinggi karena terdapat perbedaan signifikan terhadap hasil pretest dan posttes dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Perbedaan dilihat dari nilai siswa yang meningkat, serta produk ini dapat menunjang minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Jadi pengembangan webblog pembelajaran pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP layak digunakan sebagai media yang digunakan dalam proses pembelajaran baik di sekolah maupun secara mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
CorrectorHendri, HendriUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, UlfiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:30
Last Modified: 17 Jul 2023 01:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44901

Actions (login required)

View Item View Item