Putri, Cahyani Regita
(2022)
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peserta Didik Menyontek dan Implikasinya dalam Pelayanan BK.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih adanya peserta didik yang melakukan perilaku menyontek di sekolah, baik itu saat pelaksanaan ujian maupun saat menyelesaikan pekerjaaan rumah (PR). Perilaku menyontek ini memberikan dampak negative bagi peserta didik terutama pada pembinaan karakter peserta didik. Perilaku menyontek dipengaruhi oleh dua factor yaitu faktor internal dan factor eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan faktor internal yang mempengaruhi perilaku menyontek peserta didik di SMP Negeri 35 Padang dan (2) mendeskripsikan factor eksternal yang mempengaruhi perilaku menyontek peserta didik di SMP Negeri 35 Padang.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Penentuan sampel dalam penelitian ini dengan simple random sampling dan ditetapkan sebanyak 167 sampel. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku menyontek dengan menggunakan model Skala Likert tentang factor penyebab menyontek. Data diolah dengan teknik persentase menggunakan rumus interval dan persentase.
Berdasarkan hasil penelitian ini mengungkap bahwa (1) faktor-faktor yang mempengaruhi peserta didik menyontek di SMP Negeri 35 Padang dilihat dari faktor internal yang berada pada kategori tinggi ialah indicator keinginan mendapatkan nilai tinggi. Peserta didik di SMP Negeri 35 Padang beranggapan bahwa nilai yang tinggi bias didapatkan dengan cara menyontek, sehingga dirinya bisa terhindar dari remedial dan lebih dihargai di kelas. Dengan pemberian layanan BK bias mencegah terjadinya perilaku menyontek di SMP Negeri 35 Padang dan tidak akan terulangi kembali di masa yang akan datang. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi peserta didik menyontek di SMP Negeri 35 Padang dilihat dari factor eksternal yang berada pada kategori tinggi ialah indicator pengaruh teman sebaya. Pengaruh teman sebaya yang menyontek menyebabkan peserta didik di SMP Negeri 35 Padang ikut-ikutan menyontek. Hal ini dikarenakan adanya dorongan untuk melakukan kegiatan menyontek dari teman sebaya. Peserta didik tidak mau kalah jika temannya menyontek dan dengan mudah menyelesaikan soal ujian. Dengan pemberian layanan BK bias mencegah terjadinya perilaku menyontek di SMP Negeri 35 Padang dan tidak terulangi kembali di masa yang akan datang.
Selanjutnya, untuk mengurangi perilaku menyontek yang terjadi di sekolah, guru BK/Konselor bias memberikan pelayanan BK yang sesuai dengan keadaan peserta didik. Layanan BK untuk mencegah terjadinya perilaku menyontek berupa Layanan Informasi, Layanan Bimbingan Kelompok dan Layanan Konseling Kelompok.
Actions (login required)
|
View Item |