Toby, Brilian
(2022)
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Make a Match pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SDN 01 Pariaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di sekolah yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 01 Pariaman. Hal ini dikarenakan guru belum menerapkan model pembelajaran yang cocok untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match di kelas IV SDN 01 Pariaman.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa di kelas IV SDN 01 Pariaman yang berjumlah 12 orang.
Hasil penelitian menunjukkan: Penilaian RPP siklus I adalah 81,94% (Baik) kemudian semakin meningkat pada siklus II menjadi 94% (Sangat Baik). Penilaian pada aspek guru siklus I 86,10%(Baik), dan meningkat pada siklus II menjadi 97,22% (Sangat Baik). Penilaian pada aspek siswa siklus I 80,55%(Baik), dan meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (Sangat Baik). Penilaian sikap siklus I di kategorikan (Baik) dan di siklus II menjadi (Sangat Baik)..Hasil belajar peserta didik siklus 1 dengan rata rata nilai 67,3 (Kurang) dan siklus II 85 (Baik). Dapat disimpulkan pada penelitian tersebut bahwa model cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu dikelas IV Sekolah Dasar.
Actions (login required)
|
View Item |