Hubungan antara Iklim Belajar dengan Minat Belajar Warga Belajar Paket B di PKBM Sentosa Hati Kelurahan Sungai Sapih Kecamatan Kuranji Kota Padang

Nurvallah, Bismi (2022) Hubungan antara Iklim Belajar dengan Minat Belajar Warga Belajar Paket B di PKBM Sentosa Hati Kelurahan Sungai Sapih Kecamatan Kuranji Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_BISMI_NURVALLAH_17005150_7489_2022.pdf.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar warga belajar paket B di PKBM Sentosa Hati Kota Padang. Peneliti menduga salah satu faktor penyebabnya adalah Iklim belajar yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1). Untuk menggambarkan iklim belajar, (2). Untuk menggambarkan minat belajar, (3). Melihat hubungan antara iklim belajar dengan minat belajar warga belajar paket B di PKBM Sentosa Hati Kota Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kolerasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu warga belajar yang berjumlah sebanyak 35 orang. Dan pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rank order. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim belajar warga belajar paket B di PKBM Sentosa Hati Kota Padang kuarang mendukung. Minat belajar yang dimiliki warga belajar rendah. Dan terdapat hubungan signifikan antara iklim belajar dengan minat belajar warga belajar paket B di PKBM Sentosa Hati Kota Padang. Disarankan kepada peneglola atau pendidik di PKBM Sentosa Hati Kota Padang untuk dapat memperhatikan iklim belajar karena hal ini berpengaruh terhadap minat belajar warga belajar. Semakin bagus iklim belajar yang diterapkan maka minat belajar peserta didik semakin tinggi. Dan sebaliknya iklim belajar yang kurang bagus akan berpengaruh terhadap minat belajar warga belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNatsir, MHDUNSPECIFIED
CorrectorWirdatulaini, WirdatulainiUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Lili DasaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:58
Last Modified: 13 Jul 2023 08:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44893

Actions (login required)

View Item View Item