Pengembangan E-Book Pengelolaan Perpustakaan (Teori dan Praktik)

Alpis, Asnawi (2022) Pengembangan E-Book Pengelolaan Perpustakaan (Teori dan Praktik). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_ASNAWI_ALPIS_17004048_8119_2022.pdf.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pengembangan e-book pengelolaan perpustakaan dilatar belakangi oleh permasalahan sumber belajar yang digunakan pada pelaksaanaan perkuliahan secara teori dan praktik yang masih kurang dalam tampilan visualisasi bahan ajar yang mengenai keterampilan atau praktik tentang pengelolaan perpustakaan. Waktu perkuliahan yang terbatas dan kemampuan belajar mahasiswa yang berbeda-beda, sehingga membutuhkan bahan ajar tambahan yang dapat digunakan diluar jam perkuliahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyediakan sumber belajar berbasis teknologi yang dapat digunakan mahasiswa sebagai bahan belajar yang valid dan praktis. Sehingga dapat membantu mahasiswa memperoleh materi perkuliahan yang sesuai dengan silabus/RPS agar mahasiswa dapat belajar secara mandiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4-D (Four-D) merupakan Define, Design, Development, dan Dissemination. Tahap define (pendefenisian) dengan melakukan analisis kurikulum, analisis mahasiswa dan analisis konsep. Tahap design (perancangan) dengan menganalisis materi dan pembuatan e-book dengan menggunakan aplikasi Flip PDF Professional. Tahap development (pengembangan) dengan melakukan uji validasi oleh ahli dan praktikalitas oleh mahasiswa. Tahap dissemination (diseminasi) berisi kegiatan menyebarluaskan produk yang telah diuji yang dapat diakses melalui link. Hasil uji validitas materi berada pada kategori “sangat valid” dengan presentase sebesar 93,2% , hasil validasi media berada pada kategori “sangat valid” dengan presentase sebesar 99,3%, sehingga produk buku panduan praktikum digital pada mata kuliah desain grafis dapat diuji cobakan. Selanjutnya hasil uji praktikalitas produk berada pada kategori “sangat praktis” dengan presentase sebesar 90,61%, sehingga produk e-book pada mata kuliah pengelolaan perpustakaan layak digunakan oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah pengelolaan perpustakaan sebagai salah satu sumber belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEldarni, EldarniUNSPECIFIED
CorrectorYeni, FetriUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:32
Last Modified: 13 Jul 2023 08:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44890

Actions (login required)

View Item View Item