Penerapan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD Negeri 04 Lembah Melintang

Rihfa, Annisa (2022) Penerapan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD Negeri 04 Lembah Melintang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_ANNISA_RIHFA_17129296_4580_2022.pdf.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran tematik terpadu, dimana siswa kurang aktif dan tampak bosan saat proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena guru masih cenderung menggunakan pembelajaran yang berpusat pada guru, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan siswa kelas IV SD Negeri 04 Lembah Melintang sebanyak 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini dibuktikan pada penelitian siklus I dalam RPP memperoleh nilai rata-rata 81,94 % dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II menjadi 91,66% dengan kualifikasi sangat baik. Pelaksanaan siklus I pada aktivitas guru memperoleh nilai rata-rata 81,25% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II menjadi 96,87% dengan kualifikasi sangat baik. Pelaksanaan siklus I pada aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata 81,25% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II menjadi 96,87% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 74,51 dengan kualifikasi cukup, meningkat pada siklus II menjadi 90,33 dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di SD Negeri 04 Lembah Melintang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorFarida, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorIndrawati, TinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:31
Last Modified: 13 Jul 2023 08:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44889

Actions (login required)

View Item View Item